Pola fikir anak memang sangat berkorelasi dengan kehidupan kesehariannya.
Hari ini my LilBro Dava lagi latihan buat UKK IPS besok.
Sampailah di Bab KELUARGA.
Ada beberapa unique part yang gue dapet dari jawaban dia, dan jika ditelusur lebih dalam, jawabannya memang masuk akal.
Contoh kyk latihan UKK IPA kemarin.
"Dek, kalo orang yang kerjanya dilaut itu namanya apa ya?
"Nelayan"
"Kerjaannya apa ya?"
"Nyari ikan.", dijawab dengan Singkat dan Lugas.
"Kalo orang yang kerjanya disawah namanya apa?"
"Petani"
"Kerjanya apa ya?"
"Nanem padi, motong rumput, naek kebo, nyari tutut, nangkep belut, maen aer, mandi dah di kali...." #Shock WOW kompleks bgd nih jawabannya ampe ada nyari tutut ampe nangkep belut.
Kalo boleh gue analisis, Dava jarang (hampir gak pernah kyknya) ke Laut, apalagi liat nelayan langsung, jadi pengatuhuan dia ttg Nelayan ya sebatas dengan apa yang kebanyakan orang tau, atau apa yang ada dibuku, kasarnya "Nelayan ya nyari ikan...!", tapi liat pas ditanya Petani, FYI rumah gue itu deket sama sawah, saban pagi banyak paetani yang pergi Nyawah, apalagi adek gue yang satu ini doyan bgd maen layangan, nyari tutut, sama mandi dikali-sungai-, maka dari itu jawabannya sedemikian kompleks.
Begitupun dengan jawaban dari soal di gambar.
"Kok ini jawabannya A (SATPAM)?"
"Kan menjaga harta orangtua kan bang....?"
gue paham sih maksud dia, sia pasti mikirnya tugas buat menjaga kemanan ya pasti tugas SATPAM dong...
terus gue pancing lagi...
"ini kan ttg Keluarga, kenapa gak jawab C (ANAK-ANAK)?!"
"kan abang suka ngomel gini, TUGAS ANAK ANAK ITU BE-LA-JARRR!!!"-sambil ngikutin gaya gue kalo lagi ngomel-.
#Shock #KnockDown ini jelas Salah Gue! Salah Gue! Salaaah Gue! #Plak
Disaat Teori tidak sejalan dengan kenyataan, dan itu LOGIS, apa yang harus gue lakukaaan......?
ini BENER, atau SALAH?
ANDILAU lah gue...!
AN-tara DI-lema dan ga-LAU.... — bersama Ndache Permata Sabaryah danRochimah Yulianty.
Hari ini my LilBro Dava lagi latihan buat UKK IPS besok.
Sampailah di Bab KELUARGA.
Ada beberapa unique part yang gue dapet dari jawaban dia, dan jika ditelusur lebih dalam, jawabannya memang masuk akal.
Contoh kyk latihan UKK IPA kemarin.
"Dek, kalo orang yang kerjanya dilaut itu namanya apa ya?
"Nelayan"
"Kerjaannya apa ya?"
"Nyari ikan.", dijawab dengan Singkat dan Lugas.
"Kalo orang yang kerjanya disawah namanya apa?"
"Petani"
"Kerjanya apa ya?"
"Nanem padi, motong rumput, naek kebo, nyari tutut, nangkep belut, maen aer, mandi dah di kali...." #Shock WOW kompleks bgd nih jawabannya ampe ada nyari tutut ampe nangkep belut.
Kalo boleh gue analisis, Dava jarang (hampir gak pernah kyknya) ke Laut, apalagi liat nelayan langsung, jadi pengatuhuan dia ttg Nelayan ya sebatas dengan apa yang kebanyakan orang tau, atau apa yang ada dibuku, kasarnya "Nelayan ya nyari ikan...!", tapi liat pas ditanya Petani, FYI rumah gue itu deket sama sawah, saban pagi banyak paetani yang pergi Nyawah, apalagi adek gue yang satu ini doyan bgd maen layangan, nyari tutut, sama mandi dikali-sungai-, maka dari itu jawabannya sedemikian kompleks.
Begitupun dengan jawaban dari soal di gambar.
"Kok ini jawabannya A (SATPAM)?"
"Kan menjaga harta orangtua kan bang....?"
gue paham sih maksud dia, sia pasti mikirnya tugas buat menjaga kemanan ya pasti tugas SATPAM dong...
terus gue pancing lagi...
"ini kan ttg Keluarga, kenapa gak jawab C (ANAK-ANAK)?!"
"kan abang suka ngomel gini, TUGAS ANAK ANAK ITU BE-LA-JARRR!!!"-sambil ngikutin gaya gue kalo lagi ngomel-.
#Shock #KnockDown ini jelas Salah Gue! Salah Gue! Salaaah Gue! #Plak
Disaat Teori tidak sejalan dengan kenyataan, dan itu LOGIS, apa yang harus gue lakukaaan......?
ini BENER, atau SALAH?
ANDILAU lah gue...!
AN-tara DI-lema dan ga-LAU.... — bersama Ndache Permata Sabaryah danRochimah Yulianty.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar